Senin, 27 Februari 2017

10 Kelakuan Mahasiswa Baper Skripsi


Buat para readers sekalian yang lagi di zona skripsweet, baik yang lagi ngerjain revisi maupun yang masih belum nentuin judul, writter mau curcol disela-sela garap skripsi nih. Idenya muncul ketika adek kos w yang baru skripsian bapernya minta diuleg pake sambel #bhaak w yang juga ngerjain skripsi biasa aja kok ngerjain revisian bab 2, 3 dan 4. Lah dia yang baru mau bikin proposal doank ribetnya kaya besok mau lamaran eheehee. Kadang juga readers pasti pernah donk nemuin adek kos atw adek angkatan yang baper skripsi dan dicurhatin. So, mungkin beberapa kelakuan mahasiswa baper skripsi ini juga sama pernah dirasain.

1. Minta rekomendasi judul skripsi


Pasti pernah donk para readers sekalian dimintain judul skripsi sama adek-adek angkatan yang mau skripsian juga. Kalian pun bingung juga mau ngerekomendasiin apa, secara kan konsentrasi tiap-tiap orang beda. Saking bapernya, kadang siapa aja dimintain judul skripsi.

Q : “Kak cariin judul skripsi donk. Semester depan aku mau ngajuin skrispsi nih”

A : “Kamu tertarik di bidang apa ? sosial politik apa terorisme ?”

Q : “Aku pengen ngambil skripsi tentang pemasaran Kak”

A : “Lah ? ntaar deh… kan kita beda deh jurusan, dasar semprul”


2. Tanya-tanya soal tipe-tipe dosen pembimbing skripsi

Sering juga nih angkatan veteran-veteran di kampus ditanyain soal tipe-tipe dosen buat jadi pembimbing skripsi. Karena menurut kacamata adek-adek, angkatan veteran dianggap paling kenal tentang tipe-tipe dosen. Entah karena sering ketemu buat bimbingan revisi yang gak kelar-kelar atau apa deh ehehehe Tapi, biasanya kalo kita ditanyain tentang tipe-tipe dosen gitu, bisa jadi kaya lagi ngajar mata kuliah 3 sks.

Q : “Duh, Kak pusing w abis konsultasi sama Buk Bunga (bukan nama sebenarnya). W maunya gini, dia maunya gitu.

A : “Kalo urusannya sama Buk Bunga emang ribet, Bro. Biasanya tuh.. bla bla bla.. paling enak tuh sama Pak Kaktus (bukan nama sebenarnya) analisisnya tajem, sabar, bla bla bla…”

Q : “Kalo Buk Mawar gimana, Kak ? enak gak kalo pas konsul ?”

A : “Nah, kalo Buk Mawar (bukan nama sebenarnya) tuh orangnya suka di puji, tapi jangan sekali-kali komen soal alisnya. Pokoknya jangan kalo pengen bimbingan lancar”

Dan akhirnya mereka pun mulai ngomongin dosen-dosen ampe lupa sama revisi dan konsultasi #bhaak jangan gitu juga yak wan kawan.


3. Anywhere, anytime, ngomongin skripsi dan dospem mulu

Biasanya kalo ketemu papasan dijalan ke kantin, parkiran, atw di toilet kadang cuman ‘say hi doank’ tapi beda lagi kalo ketemunya sama mahasiswa lagi baper skripsi. Gak ngeliat tempat dan situasi kondisi, yang diomongin skripsi mulu. Bukannya gak boleh sih, tapi kan enak sambil duduk ngopi di kantin. Writter sering nih nemuin pas lagi di lorong kampus, parkiran ampe juga pernah lagi di dalem toilet ada gitu  yang ngomongin skripsi. Skripsi mah jangan cuman diomongin mulu, dikeluhin apalagi. Pokoknya dikerjain, digarap ben ndang mari ndang kawin #bhaak

Q : “Mbaak, bab 2 sama bab 3 nya aku tulis apa yah ? kata dospemku gini, bla bla bla… trus aku kan- (dipotong sama si Mbak)”

A : “W lagi bikin alis, semprul !”

Dan akhirnya alis si Mbak melenceng gak seimbang. Lalu pecahlah perang dunia ketiga #wkwkwkwkwk


4. Rajin ke perpustakaan

Semenjak memasuki masa-masa skripsi, yang dulunya males bet ke perpus, tiba-tiba adi rajin dateng ke perpus. Bahkan bisa dibilang masa-masa mesra ke perpus tuh Cuma pas semester awal-awal dan semester akhir #bhaak iya gak para readers ? hayoo ngaku hihihihi

Hari Senin

Q : “Eh, ngopi yuuk”

A : “Duh, gak bisa nih Kak, mau ke perpus”

Hari Kamis

Q : “Eh, ngejus yuuk, ada promo nih di kedai jus sebelah”

A : “Yah, gak bisa lagi Kak, mau ke perpus”

Hari Minggu

Q : “Mau kemana lagi hari minggu gini ? ke perpus lagi ? ya ampun rajin bet sih. Awas lho ntar bisa cinlok sama penjaga perpus”

A : “Eh, kok tau sih Kak ? jadi malu” (sambil senyum-senyum marmut)

Q : “… … …” (w gak lagi nyasar ke drama korea kan ?) #mulutmangap #tepokjidat


5. Sering bawa laptop



Sebagai salah satu media untuk membuat skripsi, komputer atw laptop emang jadi barang kebutuhan wajib bagi mahasiswa. Gak mesti skripsian sih mesti punya laptop, anak-anak sekolahan aja udah pinter maen laptop #skip Biasanya yang ke kampus kuliah bawaannya tas trendy yang di jinjing di lengan sebelah kiri trus tangan yang kanan megang gadget. Semenjak skripsi, tas di bawa pun mulai berubah, pada bawa tas ransel dengan isi laptop di dalamnya. Tapi ini biasanya yang baper skripsinya udah akut lho yha. Gak cuman ke kampus, lagi nongkrong, dan lagi apapun deh, laptop mulu yang diadepin. Kalo yang emang udah biasa pake ransel bukan brati dia lagi skripsian dan bawa laptop #bhaak Kalo writter sih males bawa laptop kemana-mana, berat plus gak muat di totebag ehehhehe

Q : “Ya ampuun plis deh matiin dulu tuh laptop. Bentar lagi filmnya mau mulai nih. Dasar somplak, ngapain bawa laptop segala ke bioskop !”

A : “W udah jago multitasking kok. Kan sayang waktu 2 jam 15 menit buat nonton Logan kalo gak sambil ngerjain skripsi”

Q : “…” (ngunyah bangku bioskop)


6. Nanyain skripsi orang lain

Bisa jadi pas skripsi kita ditanyain sama adek angkatan kita tuh jadi suntikan semangat buat segera nyelesein. Bisa juga jadi suntikan maut yang nyelekit di hati #bhaak hayoo para readers ngerasain yang mana nih ?

Q : “Kakaak, lama gak ngobrol nih. Gimana, skripsinya sampe mana Kak ?”

A : “Sampe Hongkong deek, mau Kakak ajak jalan-jalan keliling dunia dulu”

Q : “…”

Ini hukum WAJIB yang tidak tertulis buat semua para pegiat civitas akademika terhadap mahasiswa yang lagi skripsian. Inget yak, hukumnya WAJIB. WAJIB hukumnya. You know lah, tiap mahasiswa yang lagi skripsian itu bebannya beda-beda. Tiap-tiap mahasiswa nih punya tanggung jawab masing-masing terhadap tugas akhirnya yang pastinya beban skripsi tiap jurusan pasti beda. Skripsi anak Politik beda sama skripsi anak Manajemen apalagi sama anak Teknik. So, lebih baik kita berusaha menyeleseikan tugas akhir ini sendiri tanpa perlu ikut campur ataupun kepo sama skripsi orang. #sippo #semangatskripsi


7. Jadi konsultan skripsi dadakan

Akhirnya, bimbingan 3 jam pun kelar. Dengan muka kusut sambil garuk-garuk kepala, keluarlah anda dari ruang dospem. Lalu duduk di sofa depan ruang jurusan, lalu membolak-balik lembaran kertas dengan beberapa sketsa abstrak tinta merah sang dospem. Kemudian seseorang disampingmu menyapamu, sepertinya prihatin dengan keadaanmu.

Q : “Kenapa kok mukanya cemberut gitu ? cerita donk gimana konsulnya ?”

A : “Oh, gak apa-apa kok. Cuman kurang detail di bagian ini aja”

Q : “Coba liat deh. Oh, jadi ini toh kekurangannya. Seharusnya tuh gini Bro, bagian ini nih kurang bla bla bla. Kalo menurut w bla bla bla…”

A : “Iya deh,  w mau konsul ke dospem satu dulu. Btw mau konsul juga ? siapa dospemnya ?”

Q : “Oh, belum w masih mau ngajuin judul nih Bro. Doain semoga di acc yah”

A : “…” (awkward) #terdiamtanpakata


8. Mutusin pacar, gebetan hingga selingkuhan

Dari sekian banyak kelakuan absurd para pejuang skripsi, poin ini nih menurut writter yang paling absurd #bhaak tau gak kenapa ? masa’ iya sih gegara mau skripsi aja udah kaya mau bertapa di gua hantu aja, segitunya ampe mutusin buat gak pacaran, nggebet pacar orang dan juga selingkuhan. Mungkin saking biar khusyu’ pas ngerjain skripsi, yakali kalo mau skripsian yah skripsian aja sono ngapain bawa-bawa pacar, gebetan sama selingkuhan. Nah, maksudnya pas lagi fokus ngerjain ya ngerjain skripsi aja. Kalo pas lagi budrek sama revisi dan dospem boleh lah main-main sama pacar orang, eh sama pacar sendiri dink ohohoho

Q : “Demi fokusnya w nggarap skripsi, w rela mutusin Raisa, Bro”

A : “Hah ? Raisa ?”

Q : “Iya Raisa, w gak akan kepoin dia dulu. W gak akan dengerin lagu-lagu dia dulu. W kudu kuat, buat masa depan w bersama Raisa nantinya” (sambil nunjukin foto penyanyi Raisa)

A : “Njiirrr… Dasar Jomblo Ngenes ! Kerjain skripsi sono, jangan ngayal mulu”


9. Diet (?)

Mungkin gak jarang bagi para readers sekalian yang nemuin temen kalian tiba-tiba makanya dikit banget atw bahkan gak mau makan karena lagi diet. Biasanya yang memproklamirkan dirinya lagi diet adalah kaum ciwik-ciwik. Tapi kadang-kadang diet itu cuman terlaksana beberapa hari aja #bhaak Cewek mah gitu, bilangnya diet tapi kalo ada tukang cilok sama es krim lewat depan kosan, disamber aja cilok ama iskrimnya ohohoho

Q : “Dek mau nitip siomay gak ? atw batagor ?”

A : “Gak deh Kak, aku lagi diet nih”

Q : “Halah diet apaan sih ? kenapa ? pacar lo bilang gendut ?”

A : “Bukan, aku kudu diet biar kebaya wisuda ntar muat Kak” #pasangmukaserius

Q : “…” (ah elaah, proposal skripsi aja belum kelar, wisuda masi jauuh)


10. Mengkhayal tentang wisuda ntar



Nah ini nih yang paling ngeselin, mungkin hanya mahasiswa yang baper skripsinya udah akut ehehehe Masih belum ngerasain gimana skripsi di corat coret dosen pembimbing, revisian berlembar-lembar, belum juga ngalamin dihajar pertanyaan dosen-dosen penguji dan halng rintangan membentang yang lainya deh. Ehh udah ngomongin wisuda ntar sapa aja yang dateng. Trus  nyari referensi kebaya dan make up serta hair do di instagram ampe mulai nyiapin pendamping wisuda segala #ehh apalagi kalo masi jomblo bapernya kuadrat deeh xixixixi

Bagikan

Jangan lewatkan

10 Kelakuan Mahasiswa Baper Skripsi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.